Bersama Membangun Generasi Bangsa. Berisi tentang tips dan trik peran orang tua dan perkembangan anak

Thursday 11 February 2016

Daun Pepaya, Pemacu Nafsu Makan Anak

Nafsu makan anak yang tidak stabil sering menjadi kekhawatiran tersendiri bagi ibu di rumah. Anak yang ogah-ogahan makan bisa menyebabkan perkembangannya terganggu. Padahal tumbuh kembang anak merupakan periode emas yang tak akan terulang. Banyak cara dilakukan oleh para ibu untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya dengan ramuan sederhana dari daun pepaya.

Daun Pepaya, Pemacu Nafsu Makan Anak

Daun pepaya dikenal sebagai penambah nafsu makan anak karena berbagai macam kandungan di dalamnya. Sebuah penelitian dalam negeri menyebutkan bahwa daun pepaya dapat berpengaruh terhadap 80% kenaikan berat badan. Bahkan, kandungan bahan aktif (papain dan korposit) efektif berkhasiat sebagai obat anti cacing. Selain itu, ekstrak daun pepaya juga dapat bertindak sebagai zat antikanker.

Daun pepaya dapat diolah terlebih dahulu sebelum diberikan kepada anak. Karena rasanya yang pahit, anak pasti tidak akan senang mengonsumsinya secara langsung. Oleh karena itu, sebaiknya diolah menjadi bentuk dan rasa yang lebih disukai anak serta bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama. 

Cara pengolahannya secara sederhana yaitu : 
  • Daun pepaya ditumbuk sampai lembut
  • Tambahkan sedikit air, lalu remas-remas dan peras airnya
  • Berikan gula pada air perasan tersebut
  • Ramuan ini bisa bertahan hingga 12 jam
  • Untuk hasil maksimal, berikan ramuan ini selama 5 hari pada anak
Dengan rasa yang lebih manis, tentu anak akan lebih tertarik untuk mengonsumsinya. Jika ibu tak ada waktu untuk  mengolahnya, maka tak ada salahnya membeli langsung ekstrak daun pepaya yang telah dikemas dalam kapsul. 

Untuk memaksimalkan daya kerja daun pepaya ini, maka ada beberapa langkah yang harus ibu perhatikan, yaitu :
  • Usahakan anak tetap makan 3 kali sehari
  • Buatlah menu makanan yang variatif dengan gizi seimbang
  • Kurangi konsumsi snack pada anak
  • Ajak anak  berolahraga agar aktif bergerak dan berkeringat
  • Berikan ramuan dau pepaya tersebut secara rutin
Dalam waktu singkat, maka akan ada perubahan nafsu makan pada anak. Terus berikan pola makan yang teratur dan menyenangkan sehingga anak makan dengan senang tanpa tekanan. Pola makan yang baik akan membuat tumbuh kembangnya berjalan maksimal.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Daun Pepaya, Pemacu Nafsu Makan Anak

1 comments:

  1. Kalau pakai suplemen nafsu makan anak Kurkur pasti lebih lahap makannya. Anak saya biasa saya kasih Kurkur sekarang berat badannya naik 10 KG

    ReplyDelete